MENGENAL DEMAM TIFOID

Posted on October 31st, 2018

Kali ini admin mau membahas tentang demam tifoid. Tifoid (thyphoid) adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella thyphosa, penyakit ini merupakan gejala demam jangka panjang yang menjadi masalah kesehatan bagi setiap manusia. Bahkan penyakit ini bisa berujung kematian loh.. makanya, tifoid jadi masalah kesehatan yang amat serius.

Pentingnya menjaga kebersihan merupakan sesuatu yang wajib karena bakteri penyebab terjadinya tifoid adalah bakteri yang dikenal senang hidup dimakanan jorok (kotor) atau tanah. Ketika seseorang mengkonsumsi makanan kotor disaat daya tahan tubuhnya sedang rendah maka bakteri tifoid akan lebih mudah menyerang.

Mengenal Demam Tifoid dan gejala-gejalanya

Fase awal seseorang mengalami tifoid adalah demam tentunya. Demam ini akan senantiasa turun naik terutama diwaktu sore dan malam hari, seseorang akan merasa sakit kepala disertai pusing-pusing kemudian badan terasa pegal-pegal, nyeri otot dan disertai lidah tampak tremor ketika dijulurkan. Pada malam hari seseorang akan susah tidur (insomnia), nafsu makan menurun sampai mual muntah juga tak luput dirasakan. Finally, seseorang akan mengalami gangguan saluran pencernaan atau konstipasi (susah BAB), nyeri abdomen dan memungkinkan BAB berdarah apabila sudah terjadi perforasi usus yang disebut stadium melena.
Gejala pada anak-anak terjadi kejang demam. Demam tinggi akan terus menerus (berkelanjutan) sampai minggu kedua biasanya dan suhu tinggi bisa berakibat Delirium (meracau/melindur) pada saat tidur.

Demam tifoid akan menjadi komplikasi apabila seseorang tidak menjalani pengobatan dengan benar/baik. Seseorang yang tidak bisa menjaga kebersihan makanan dan dirinya sendiri maka akan menyebabkan demam pada minggu kedua dan ketiga. Komplikasi yang dapat terjadi adalah tifoid toksis, dimana penderita dengan suhu tubuh panas tinggi akan disertai dengan kekacauan mental hebat, kesadaran menurun, mulai dari gaduh gelisah sampai koma, delirium (meracau/melindur) saat tidur, syok, perdarahan saluran cerna hepatitis tifosa hingga pneumonia (infeksi paru).
Nah segitu dulu pembahasannya, horror juga penyakit ini ya moms. Mimin sampai merinding gini. Bahasan lainnya akan dilanjut lagi di artikel kami selanjutnya. Terimakasih