Obesitas Bisa Dicegah Moms, Lakukan Cara Sederhana Ini

Posted on February 6th, 2018

Sering kita mendengar bahwa anak yang makannya banyak itu sehat, dan kemudian kita mencerna pernyataan itu selanjutnya membenarkannya. Tetapi jangan salah moms, justru kita harus mewaspadai ini kalau terlalu banyak mengkonsumsi makanan akan beresiko anak menjadi obesitas atau kegemukan.

Apabila anak sudah mengalami obesitas, anak akan mudah atau rentan terkena penyakit. Mulai dari gangguan pernapasan, masalah jantung, kolesterol tinggi, dan sebagainya. Selain itu obesitas juga bisa mempengaruhi psikologis anak secara emosional. Terlebih lagi di zaman yang kekinian ini moms, hal tersebut terjadi sebagai efek dari perlakuan dan diskriminasi baik langsung maupun tidak langsung yang sering kali diakui oleh anak yang mengalami obesitas, baik itu disekolah dan dilingkungan tempatnya bermain.

Kewajiban orangtua merupakan peran penting untuk mencegah anak mengalami obesitas. Terkadang kita bingung sendiri, harus memulainya dari mana dulu. Tapi sebenarnya kita bisa mengambil cara sederhana untuk mencegah anak mengalami obesitas.

  • Point satu, ajak anak melakukan aktifitas
    Mengajak anak melakukan aktifitas selain menyehatkan ini merupakan cara ampuh moms. seperti bermain bola, bersepeda, jalan-jalan ke taman atau ke alam bebas. Selain membantu mengatur berat badan, melakukan aktifitas fisik bisa membantu menurunkan tekanan darah, meluruskan tulang maupun mengurangi stress pada anak.
  • Point dua, membuat jadwal makan dan ngemil
    Pengaturan makan merupakan keharusan demi kelangsungan hidup dan tumbuh kembang optimal serta kualitas hidup seorang anak. Dalam sehari anak perlu makan 3 kali sehari tetapi namanya juga anak sering merasa lapar padahal baru saja makan besar. Maka dari itu, ajak anak mengatur jadwal menu bersama dan didiskusikan makanan apa yang sehat dan mengenyangkan untuknya. Kemudian buatlah sebuah daftar kapan saat makan utama dan kapan saatnya ngemil, beritahu juga anak bahwa ia hanya boleh makan-makanan yang disediakan dilemari anda dan bukannya jajan dari pedagang-pedagang keliling.
  • Point tiga, membatasi makan dan minuman yang mengandung pemanis buatan
    Langkah ini susah-susah gampang, setiap kali akan memberikannya makanan atau minuman, perhatikan komposisinya. Hindari pemanis buatan, konsumsi gula fruktosa berlebih bisa membuat berat badan anak naik dengan cepat. Oleh karena itu batasi asupannya dan tawarkan yogurt atau buah-buahan untuk pengganti sebab kunci mencegah diabetes pada anak adalah menyeimbangkan kalorinya dikutip dari cdc.gov.

Tiga point langkah diatas menjadi cara awal untuk menjaga kesehatan anak dan mencegahnya mengalami obesitas, juga beberapa point yang dibahas bisa dikembangkan lagi sesuai dengan ide dan tatacara orangtua dalam mengatur pola hidup anak. Semoga infonya bermanfaat moms. Terimakasih.

sumber ( Humas KKP Bdg )