Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Gigi Pada Anak

Posted on March 19th, 2018

Apapun permasalahnya yang menyangkut pada bagian tubuh manapun pasti terasa tidak enak, termasuk pada gigi moms. Bahkan gigi merupakan bagian tubuh yang memiliki jaringan syaraf paling banyak, sehingga ketika terjadi masalah akan terasa sangat sakit sekali. Setidaknya, sakit gigi sering menjalar sampai ke kepala dan mengakibatkan sakit kepala yang akan sangat menganggu.

Selain untuk kesehatan sang anak, membiasakan menjaga kesehatan gigi dari kecil juga bisa membuatnya tumbuh lebih percaya diri dengan gigi sehat dan kuat. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan gigi pada anak yang perlu diketahui oleh para orangtua :

a) Beritahukan sejak dini pentingnya kesehatan gigi

Pengetahuan mendasar mengenai kesehatan gigi sangat penting diajarkan kepada anak sendini mungkin, misalkan memberitahukan mengenai pentingnya menggosok gigi.

b) Ajarilah untuk gosok gigi dua kali sehari

Menggosok gigi dipagi dan malam hari sebelum tidur adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan giginya. Anda bisa melakukannya bersama sang buah hati sehingga diapun menaruh kebiasaan baik anda, ajarilah menggosok gigi dengan cara yang benar.

c) Mengurangi makanan dan minuman yang manis

Makanan dan minuman yang manis seperti coklat, permen, sirup akan mudah tertinggal di gigi sehingga menyebabkan gigi sakit dan akhirnya berlubang, maka dari itu kurangilah yang manis-manis terlebih ketika malam hari saat mau tidur.

d) Bebaskan anak memilih pasta gigi dan sikat gigi yang mereka sukai

Dengan memilih sikat atau pasta gigi kesukaannya sang anak akan lebih senang dan gemar memakai sikat gigi kepunyaannya, jadi bebaskanlah dia memilih yang dia sukai dengan tetap memperhatikan kesehatannya.

e) Periksakan gigi anak secara rutin ke dokter gigi

Biasakanlah dari kecil untuk rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, sehingga selain terawat oleh kita sendiri, dokter juga bisa terus memantau kesehatan gigi anak anda.

Semoga bermanfaat tips dan trik ini dan jangan lupa diterapkan ya moms sehingga saat dia tumbuh besar nanti dia tidak malas menggosok gigi. Terimakasih

 

sumber ( Humas KKP Bdg )